June 17, 2024
Pemerintah Soroti RUU Kementerian Negara: Mahfud Md Peringatkan Potensi Korupsi

Jakarta, Tukanggosip.id 22 Mei 2024 – Mantan Menko Polhukam Mahfud MD memperingatkan bahwa penambahan jumlah kementerian di Indonesia dapat memperluas area korupsi. Dalam sebuah keterangan resmi, Mahfud menegaskan bahwa hampir setiap kementerian saat ini memiliki kasus korupsi, dan penambahan kementerian akan memperbesar potensi korupsi tersebut.

Keberadaan Inspektorat Jenderal Tidak Efektif dalam Mencegah Korupsi

Menurut Mahfud, keberadaan inspektorat jenderal atau irjen di kementerian-kementerian selama ini tidak memberikan dampak signifikan dalam mencegah korupsi. Bahkan, lembaga-lembaga yang dinyatakan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga terbukti memiliki kasus korupsi.

Revisi RUU Kementerian Negara Dapat Memperburuk Situasi

Mahfud juga menyoroti revisi Rancangan Undang-Undang (RUU) Kementerian Negara yang sedang dibahas, yang menurutnya dapat memicu lebih banyak korupsi. Dia menyatakan bahwa penambahan kementerian hanya akan memperbesar area korupsi, terutama jika revisi ini hanya dimaksudkan untuk kepentingan politik semata.

Penggabungan Kementerian sebagai Solusi

Mahfud menyarankan agar beberapa kementerian yang memiliki substansi yang serupa digabungkan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi potensi korupsi. Misalnya, dia menyebutkan potensi penggabungan antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

Penegasan terhadap Jumlah Kementerian yang Meningkat

Dia juga menekankan bahwa penambahan jumlah kementerian akan semakin meningkat setiap pemilihan umum berikutnya, yang dapat membuka peluang untuk korupsi yang lebih besar. Mahfud menegaskan bahwa pengambilan keputusan yang tepat lebih mungkin terjadi jika kementerian-kementerian yang memiliki keterkaitan diperkuat dan digabungkan menjadi satu entitas yang lebih terpadu.

Dengan demikian, Mahfud MD mengingatkan bahwa penambahan kementerian tidak boleh dilakukan sembarangan, dan harus dipertimbangkan dengan matang agar tidak memperburuk masalah korupsi yang sudah ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *