June 17, 2024
Heru Budi Tanggapi Kritik Ahok tentang Penonaktifan NIK KTP Jakarta

Tukanggosip.idPj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi, memberikan tanggapan terhadap kritik yang dilontarkan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mengenai rencana penonaktifan NIK KTP Jakarta.

Menurut Heru, tindakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta merupakan upaya untuk menegakkan aturan yang berlaku. Dia menjelaskan bahwa penonaktifan NIK dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan alamat oleh orang lain yang tidak berhak.

Ahok Tanggapi Kebijakan Penonaktifan NIK KTP Jakarta - Citizen

Heru juga menyoroti keluhan dari pengusaha atau pengelola rumah indekos terkait dengan warga yang masih memiliki KTP Jakarta meskipun telah pindah dari kota tersebut. Selain itu, dia juga menggarisbawahi pentingnya pelaporan kepada perangkat RT/RW terkait dengan status warga yang meninggal dunia.

Ditegaskan oleh Heru bahwa langkah Pemprov DKI Jakarta hanya sebatas melaksanakan ketentuan yang telah ditetapkan.

Sebelumnya, Ahok mengkritik kebijakan penonaktifan NIK yang dinilainya akan menimbulkan masalah administratif bagi masyarakat. Ahok menekankan pentingnya kepemilikan rumah dalam menentukan status domisili seseorang dan menyarankan agar mereka yang tidak memiliki rumah di Jakarta sebaiknya pindah dari kota tersebut. Ia juga mempertanyakan urgensi dari kebijakan tersebut.

Penonaktifan NIK dianggap sebagai langkah untuk melindungi warga dari berbagai risiko kriminalitas, sesuai dengan penjelasan yang diberikan oleh Heru.

Tindakan penertiban data kependudukan sesuai dengan domisili merupakan respon dari Pemprov DKI Jakarta terhadap keluhan-keluhan yang disampaikan oleh warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *