June 17, 2024
Deret Fakta Baru Kasus Pembunuhan Vina di Cirebon: Tersangka Cabut BAP, Polisi Sulit Cari DPO

Jakarta – Tukanggosip.id Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat Kombes Pol Surawan membeberkan alasan petugas memburu para pelaku kasus pembunuhan Vina di Cirebon. Dalam kasus itu terdapat 11 tersangka, tiga di antaranya masih dalam daftar pencarian orang (DPO). Mereka yakni Pegi alias Perong, Andi, serta Dani. Pengadilan sebelumnya telah menjatuhkan vonis ke delapan tersangka di kasus tersebut. Namun, Surawan mengatakan para tersangka mencabut keterangan berkas acara pemeriksaan (BAP) saat kasus dilimpahkan dari Polresta Cirebon ke Polda Jabar, yang mempersulit petugas mencari tiga DPO atau buron di kasus pembunuhan Vina.

Terungkap Hasil Visum Jasad Vina Cirebon, Bukan Tangan yang Patah, Kakinya Disabet Samurai dan Batu - Tribunnewsbogor.com

Alasan Tersangka Cabut BAP

Pengacara para terpidana, Jogi Nainggolan, mengungkap alasan klien dia mencabut keterangan BAP. Menurut Jogi, saat itu klien dalam keadaan tak berdaya setelah diamankan petugas. Jogi mendampingi proses hukum lima terpidana dalam kasus tersebut. Mereka yakni Jaya, Supriyanto, Eka Sandi, Hadi Saputra dan Sudirman. Dia juga mendampingi mereka saat proses pelimpahan berkas perkara dari Polresta Cirebon ke Polda Jabar.

5 Pelaku Pertimbangkan PK

Jogi juga menyatakan dia dan klien berencana mengajukan peninjauan kembali (PK) karena yakin para klien merupakan korban rekayasa kasus. Meski begitu, Jogi mendukung langkah Polda Jabar mengusut kasus pembunuhan Vina dengan transparan. Ayah kekasih Vina, Iptu Rudiana, juga angkat suara mengenai kasus pembunuhan tersebut dan menyatakan telah berhasil menangkap sejumlah pelaku berkat bantuan Satuan Reskrim Polri.

Polri Ikut Turun Tangan

Bareskrim Polri ikut turun tangan dengan mengerahkan tim asistensi untuk membantu Polda Jabar mencari keberadaan ketiga pelaku. Satu dari tiga DPO disebut-sebut berada di Jakarta. “Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri juga menurunkan tim untuk membantu Polda Jawa Barat,” kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Djuhandani Rahardjo Puro saat dikonfirmasi lewat pesan singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *